Recent comments

  • Breaking News

    Bawaslu Kapuas Hulu Nyatakan Siap Cegah dan Tindak Pelanggaran di Pilkada 2024

    Ketua Bawaslu Kabupaten Kapuas Hulu, Musta'an, saat memberikan sosialisasi kepada Panwascam.
    KAPUAS HULU, uncak.com - Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Kapuas Hulu, telah melantik Panitia Pengawas Pemilihan Kelurahan/Desa (PPKD) di tiap-tiap Kecamatan di Kabupaten Kapuas Hulu.

    Hal itu menyusul setelah Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kapuas Hulu melantik Panwascam di 23 Kecamatan se-Kabupaten Kapuas Hulu di Putussibau pada 24 Mei 2024 lalu sehingga secara keseluruhan sebanyak 282 PPKD yang dilantik pada 1 hingga 2 Juni 2024.

    Ketua Panwascam Batang Lapar, Setiyono, mengatakan, dalam pelantikan tersebut, berbagai ekspresi dan ide-ide kreatif yang ditampilkan oleh para Panwascam.

    "Ada yang melantik PPKD dengan memakai jas dan berdasi, ada pula yang mewajibkan PPKD saat pelantikan menggunakan baju putih-celana hitam dan ada pula yang mewajibkan PPKD saat pelantikan memakai pakaian adat seperti PPKD Kecamatan Bunut Hilir dan Kecamatan Batang Lapar. Mereka menggunakan pakaian adat," ujar Setiyono melalui keterangan tertulis, yang diterima Minggu (02/06/2024) malam.

    Rangkaian pelantikan PPKD.
    Dijelaskannya lebih lanjut, untuk Kecamatan Batang Lupar, baik peserta yang dilantik, panitia maupun tamu undangan, semuanya memakai pakaian adat.

    Menurutnya, memakai pakaian adat, menandakan bahwa tidak ada sekat atau batas antar suku di Batang Lupar, yang artinya semua siap menjaga, mengawasi dan mengawal pesta demokrasi yakni Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 mendatang.

    "Kita pastikan bahwa Panwascam Batang Lupar sudah siap mengawasi dan mencegah terjadinya pelanggaran pada Pilkada serentak tahun 2024 ini. Kita juga memastikan bahwa akan menggandeng seluruh stakeholder di Kecamatan Batang Lupar, untuk bersama-sama mewujudkan Pilkada  yang berkualitas dan berintegritas," sebutnya.

    Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Kapuas Hulu, Musta'an menegaskan bahwa Bawaslu sudah siap melaksanakan tugas-tugas pencegahan, pengawasan, sosialisasi dan penindakan apabila terjadi pelanggaran pada Pilkada 2024 nanti, baik pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat maupun pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu 2024.

    "Untuk mensukseskan Pilkada serentak tahun 2024 ini, serangkaian persiapan sudah kami lakukan, di mana dalam beberapa bulan terakhir ini, Kordiv SDMO sudah menyiapkan SDM pengawas, mulai dari Panwascam hingga PPKD," tutur Musta'an.

    Musta'an menjelaskan, puncak dari persiapan SDM pengawas, sampai tingkat desa, adalah pelantikan PPKD yang dilakukan pada tanggal 1 hingga 2 Juni 2024.

    Kemudian, lanjut dia, satu bulan menjelang pemilihan, akan ada penjaringan pengawas tingkat TPS atau PTPS.

    "Kalau ditanya soal persiapan, kami sudah siap menjalankan tugas dan fungsi serta wewenang sebagai pengawas pemilu," tegas Musta'an. (Nt)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan