Recent comments

  • Breaking News

    Pers Profesional Kunci Utama Majukan Daerah

    Suasana pelantikan pengurus PWI Kalbar di Hotel Alimoer, Kubu Raya.
    KUBU RAYA, uncak.com - Profesionalisme pers merupakan salah satu kunci utama untuk memajukan daerah.

    Hal itu disampaikan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi Kalimantan Barat (PWI Kalbar) periode 2024-2029, Kundori, dalam acara pelantikan Pengurus PWI Provinsi Kalimantan Barat di Hotel Alimoer, Kubu Raya, Selasa (09/07/2024).

    Menurut Kundori, apa yang ia sampaikan tersebut berdasarkan tema yang diusung dalam pelantikan tersebut yakni "Pers Profesional, Kalimantan Barat Maju".

    "Tema ini dipilih dengan penuh pertimbangan, karena kami percaya bahwa profesionalisme pers adalah salah satu kunci utama untuk memajukan daerah kita tercinta ini yaitu Kalimantan Barat," ujarnya.

    Sebagai insan pers, lanjut Kundori, memiliki tanggung jawab yang besar dalam menyuguhkan informasi yang akurat, berimbang dan dapat dipercaya oleh masyarakat.

    "Dalam era digital yang serba cepat ini, tantangan yang kita hadapi semakin kompleks, dimana oaks, disinformasi dan misinformasi menjadi ancaman nyata yang dapat merusak kepercayaan publik terhadap media. Oleh karena itu, kita dituntut untuk selalu meningkatkan kompetensi dan profesionalisme dalam setiap karya jurnalistik yang kita hasilkan," terangnya.

    Ia menjelaskan, profesionalisme dalam pers bukan hanya tentang kemampuan teknis dalam menulis berita atau menyajikan informasi. Lebih dari itu, profesionalisme juga mencakup etika, integritas dan komitmen terhadap kebenaran.

    "Kita harus senantiasa menjunjung tinggi kode etik jurnalistik dan menjalankan tugas kita dengan penuh tanggung jawab. Dengan demikian, kita dapat menjadi pilar keempat demokrasi yang kuat dan terpercaya," jelasnya.

    Ditegaskannya, dalam konteks Kalimantan Barat, peran pers sangat penting dalam mendukung pembangunan daerah.

    "Kita harus mampu mengangkat potensi-potensi daerah, mengawal kebijakan-kebijakan pemerintah, serta menjadi jembatan komunikasi antara pemerintah dan masyarakat. Dengan pers yang profesional, kita dapat mendorong terciptanya transparansi, akuntabilitas dan partisipasi publik dalam proses pembangunan," ungkapnya.

    Kundori mengajak seluruh anggota PWI Kalimantan Barat, untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi.

    "Pemanfaatan media digital dan platform online harus kita optimalkan untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan menyampaikan informasi dengan cara yang lebih efektif," tuturnya.

    Pada kesempatan itu, Kundori mengucapkan selamat kepada anggota baru PWI Kalimantan Barat yang telah resmi dilantik.

    "Semoga kehadiran kita (PWI Kalbar) dapat memperkuat organisasi kita dan bersama-sama kita wujudkan pers yang profesional dan berintegritas,"harapnya.

    Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, baik Pj .Gubernur Kalbar maupun para sponsor yang telah mendukung terselenggaranya acara tersebut .

    "Semoga kerja sama yang baik ini dapat terus terjalin di masa yang akan datang. Mari kita bersama-sama berkomitmen untuk memajukan Kalimantan Barat melalui pers yang profesional dan berkualitas," ajaknya.

    Adapun yang hadir dalam pelantikan tersebut diantaranya yakni Pj. Gubernur Kalimantan Barat, Harisson, Forkopimda Provinsi Kalimantan Barat (Perwakilan Kapolda, Kajati, Pangdam XII/Tpr, Ketua DPRD Kalbar).

    Selain itu, hadir pula Ketua Umum PWI, Hendry Ch. Bangun dan jajaran pengurus PWI Pusat, Pejabat Pemerintah Daerah Kalimantan Barat dan Kabupaten/Kota, Dewan Kehormatan, Penasehat dan Pengurus beserta anggota PWI Provinsi Kalbar, Pimpinan Perusahaan di Kalbar, baik BUMN maupun Swasta, Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan dan para pekerja media se-Kalbar yang tergabung dalam PWI Kalbar. (Noto)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan