Recent comments

  • Breaking News

    Satgas Pamtas RI-Malaysia dan CIQ PLBN Badau Patroli di Jalur Tidak Resmi

    Patroli di jalur tidak resmi di wilayah Perbatasan RI-Malaysia Kecamatan Badau.
    KAPUAS HULU, uncak.com - Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Yonzipur 5/ABW, menggandeng Custom, Immigration, Quarantine (CIQ) dan Pengelola Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Badau, untuk melaksanakan patroli gabungan di jalur tidak resmi di kawasan Perbatasan RI-Malaysia, khususnya di perbatasan darat Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Minggu (25/08/2024).

    Patroli gabungan itu diawali dengan briefing di PLBN Badau pada pukul 09.00 WIB, dipimpin Lettu Czi Muammar Ghadafi selaku Pasiops Satgas Pamtas Yonzipur 5/ABW.

    Dalam arahannya, Lettu Czi Muammar memaparkan bahwa kegiatan patroli bersama itu merupakan upaya untuk menciptakan hubungan kerja sama yang baik antar instansi di wilayah perbatasan.

    "Kegiatan ini juga untuk mempererat tali silaturahmi dan menciptakan hubungan yang harmonis di lapangan dengan melaksanakan patroli bersama di perbatasan dan jalur tidak resmi," ujar Lettu Czi Muammar.

    Ia mengajak CIQ PLBN Badau melihat kondisi di lapangan, untuk dijadikan sebagai bahan masukan.

    "Ini dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan dan penegakan hukum di kawasan perbatasan," terangnya.

    Foto bersama.
    Sementara itu, Kepala PLBN Badau, melalui Kepala Subbidang Kebersihan dan Keamanan PLBN Badau, Hafid Yoga Wijaya, menyatakan, patroli bersama tersebut merupakan agenda rutin dalam membangun kolaborasi bersama lintas sektor untuk mengawasi aktivitas lintas batas negara di jalan tidak resmi atau yang lebih dikenal dengan sebutan jalur tikus.

    "Biasanya masing-masing CIQ PLBN Badau dan Satgas Pamtas bergantian untuk menjadi inisiator. Tentu kami mengapresiasi Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonzipur 5/ABW yang telah menjadi promotor untuk patroli di Bulan Agustus ini," tutur Hafid.

    Menurut Hafid, momentum patroli bersama tersebut juga bertujuan untuk mengedukasi warga agar menggunakan PLBN sebagai jalur pelintasan yang resmi baik dengan dokumen paspor maupun Pas Lintas Batas (PLB).

    Pada kesempatan yang sama, Kepala Satuan Pelayanan BKHIT Kalbar, Septyardhi Haryono, A.Md.Pi, menyampaikan apresiasi kepada Satgas Pamtas Yonzipur 5/ABW yang telah mengadakan patroli gabungan tersebut.

    Dikatakannya, selain meningkatkan sinergi, giat tersebut juga memberikan ruang diskusi antara CIQS dan Satgas Pamtas Yonzipur 5/ABW terkait kondisi titik rawan lalu lintas ilegal di jalur nonprosedural.

    "Melalui kegiatan ini kami berharap pengawasan terhadap perlintasan Media Pembawa Hewan, Ikan dan Tumbuhan yang melalui jalur nonprosedural dapat dicegah secara efektif dan efisien melalui komunikasi, koordinasi dan kerjasama yang telah kita bangun bersama," harapnya.

    Adapun yang turut serta dalam patroli gabungan tersebut yakni perwakilan CIQ PLBN Badau, diantaranya perwakilan Imigrasi Wilker Badau Muhammad Fahrul Rizki selaku Kasubsi Lalintalkim Kantor imigrasi Kelas III TPI Putussibau, Hafid Yoga Wijaya selaku Kasubbid Kebersihan dan Keamanan PLBN Badau, Perwakilan Bea Cukai Nanga Badau, BKHIT Satpel PLBN Badau, dan Lettu Czi Muammar Ghadafi selaku Pasiops serta Lettu Czi Imandwito selalu Pasiminlog Satgas Pamtas Zenpur 5/ABW.

    Sedangkan patroli gabungan itu dilaksanakan dengan menggunakan kendaraan roda dua mengelilingi jalur perbatasan RI-Malaysia di Kecamatan Badau, salah satunya di jalur tidak resmi kawasan Pos Batu Putih dan Pos Mentari.  (Nt)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    kmiklan