Recent comments

  • Breaking News

    Imigrasi Putussibau Gelar Rapat Tim PORA Perkuat Pengawasan Orang Asing

    Rapat Tim Pengawasan Orang Asing Tahun Anggaran 2024 oleh Imigrasi Kelas III TPI Putussibau.
    KAPUAS HULU, UNCAK.com - Imigrasi Kelas III TPI Putussibau, menggelar Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Tim PORA) tingkat Kabupaten Kapuas Hulu, di Aula Hotel Grand Banana Putussibau, Kamis (17/10/2024).

    Rapat itu bertujuan untuk memperkuat pengawasan orang asing dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban wisatawan asing di wilayah Kapuas Hulu.

    Selain itu, juga bertujuan untuk meningkatkan sinergi dengan berbagai pihak lintas sektor, dalam pengawasan orang asing di wilayah kerja Kantor Imigrasi Putussibau serta membahas berbagai isu dan tantangan yang dihadapi di lapangan.

    Hadir dalam kegiatan itu instansi dan lembaga pemerintah yang memiliki tugas dan fungsi terkait keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah Kantor Imigrasi Putussibau, pihak Polres Kapuas Hulu, perwakilan Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Pontianak, Bakesbangpol, Disdukcapil, BIN, BAIS, TNI, Satpol PP, pejabat penting dan sejumlah tamu undangan lainnya.

    Kepala Kantor Imigrasi Kelas III TPI Putussibau, Uray Aliandri mengatakan, pentingnya kolaborasi antar instansi dalam penguatan pengawasan orang asing.

    “Kehadiran orang asing di wilayah Kapuas Hulu ini tentunya memberikan dampak, baik positif maupun negatif. Oleh karena itu, pengawasan yang ketat dan koordinasi yang baik antar instansi sangat diperlukan untuk memastikan keberadaan mereka sesuai dengan peraturan sehingga tidak mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat demi kedaulatan negeri,” ujar Uray.

    Uray menjelaskan, Rapat Tim PORA merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali, di Kecamatan dan Kabupaten.

    “Tujuan dari kegiatan ini yakni untuk penguatan dan meningkatkan koordinasi dan sinergi antar instansi anggota Tim PORA dalam rangka pengawasan dan pengendalian keberadaan orang asing di wilayah kerja Kantor Imigrasi Putussibau," jelasnya.

    Sementara itu, Kepala Sub Seksi Teknologi Informasi dan Intelijen Penindakan Keimigrasian, Kantor Imigrasi Kelas III TPI Putussibau, Joenari Anthony Marpaung, berharap kegiatan tersebut dapat memberikan kontribusi positif dan langkah-langkah konkret dalam memperkuat pengawasan orang asing.

    "Kita berharap kerja sama dan pertukaran informasi terkait keberadaan orang asing di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, baik informasi secara langsung maupun tidak langsung," harap Joenari dalam laporannya.

    Menurut Joenari, sinergitas yang kuat antar lintas sektor juga terus didorong dengan melakukan pengawasan Orang Asing secara bersama-sama di Kabupaten Kapuas Hulu.

    Dalam kegiatan itu pula dilakukan sesi tanya jawab dan pemaparan materi oleh narasumber, yang berkaitan dengan fungsi keimigrasian, keberadaan orang asing dan pengawasan orang asing di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu. (Noto)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    kmiklan